Wednesday, January 5, 2011

Membuat program untuk pemula : Java Aplikasi “Simulasi Lampu Lalu Lintas” di Netbeans 6.0.1







Bagi teman-teman yang ingin mencoba buat simulasi, disini saya mencoba membuatkan simulasi Lampu Lalulitas yang sangat sederhana. Mungkin simulasi ini cocok untuk teman yang baru pertama kali mencoba. Banyak perkenalannya, dan mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Membuat program di NetBeans lebih mudah dibanding menggunakan alat bantu lain nya,karena NetBeans sudah merupakan IDE (Integrated Development Environment) + RAD (Rapid Application Development).
Bisa dipakai untuk membuat program Aplikasi (standalone), Applet (jalan di web client), Servlet atau Java Server Page (jalan di web server). Di blog yang akan dipraktekkan yaitu Java Applet dan Java Aplikasi. Program aplikasi biasanya digunakan untuk membuat program yang berhubungan dengan database. Bagi yang mau unduh NetBeans, kunjungi aja www.sun.com Misalnya saja kita akan membuat program lampu lalu lintas. Pada penulisan source code, untuk memperjelas penulisan dapat kita tambahkan komentar-komentar. Komentar tidak berpengaruh pada jalannya program, tanda komentar:
//  … komentar … : digunakan untuk komentar satu baris
/** …komentar…. */ : digunakan untuk komentar satu baris atau lebih, biasanya menjelaskan
hal yang berhubugan dengan kode atau jalannya program.
/* …komentar… */ : digunakan untuk komentar satu baris atau lebih, biasanya menjelaskan
keterangan diluar kode program seperti penulis, waktu, dll.


mulai membuat program Klik menubar File –> NewProject atau tekan alt + shift + n bersamaan Kemudian akan keluar kolom seperti ini:




Pilih Java Application, klik next kemudian muncul kolom selanjutnya:




Isi nama project dengan awalan huruf besar(standar penulisan), tanpa spasi. Jangan lupa untuk Uncentang “Create main Classnya”. Jadi deh, project kosong kita….




Seperti pada gambar, klik kanan pada project kita tadi, kemudian plih New –> JFrame Form , artinya kita akan membuat kelas frame baru.




Isikan datanya, jangan lupa nama kelas dengan awalan huruf kapital, supaya standar… Kemudian isi packagenya, misalnya yang saya isikan &quotLatihan.Blog”, berarti saya akan menyimpan kelas JFrame tadi di direktori &quotsrc/Latihan/Blog” , dengan begitu kita dapat mengelompokkan kelas-kelas mana saja yang sejenis dalam satu direktori sehingga mempermudah kita jika kita ingin menggunakan kelas tersebut pada project lain dengan mengimport kelas tersebut. Lumayan lah, menghemat mengetiknya…hehe… Setelah itu, bisa kita lihat ada Frame kosong. Inilah kehebatan dari GUI (Graphics User Interface), tinggal klik dan drop. Kita akan menambahkan komponen-komponen yang diperlukan :




Bisa teman coba-coba tinggal drag & drop dari kolom sebelah kanan. Semua itu Objek. Ada Objek tombol, panel, text, dll. Kalau mau di ubah textnya, tinggal rename atau klik kanan, Edit Text sedangkan yang berhubungan dengan input-output, lebih baik diubah nama variabelnya, agar mempermudah aksesnya dengan cara klik kanan, Change Variable Name…, untuk menghilangkan keambiguan dan mencocokkan dengan teman2 variabel atau nama objek yang saya gunakan:




Nama objek ditulis dengan huruf kecil standarnya… kemudian pilih nama objek yang mudah di ingat sehingga bisa membedakan objek secara cepat. Selesai juga interfacenya, kalau mau di ubah-ubah atau dikasih gambar-gambar atau icon, warna, tinggal ubah-ubah menu di kotak sebelah kanan bawah, di Properties. Kemudian, kita mulai dengan koding2 deh… Klik pada bagian source, dan yah kita dapatkan lahan buat koding2…




Semua objek dari kelas Radio Button pada propertiesnya bagian enabled agar di uncentang agar tidak dapat diubah.




Kemudian, klik Button Ubah, lihat kotak kanan bawah, bagian Events, di bagian Events inilah kita dapat memberikan kelakuan-kelakuan untuk objek. Klik Action Performed –> Enter… Yah disini kita menuliskan kode apa saja yang terjadi ketika tombol ubah ini diklik.


Tambahkan juga even Mouse Entered dan Mouse Exited. Kemudian, isikan kodenya hingga bagian sourcenya seperti ini:



/*
* MainFrame.java
*
* Created on July 26, 2008, 3:14 PM
*/

package Latihan.Blog;

import java.awt.Color;

/**
* @cca
*/
public class MainFrame extends javax.swing.JFrame {

int a =2; //pesan variable a

/** Creates new form MainFrame */
public MainFrame() {

initComponents(); //memasang atau mengompile objek-objek
}

//bagian ini tidak dapat di ubah
/** This method is called from within the constructor to
* initialize the form.
* WARNING: Do NOT modify this code. The content of this method is
* always regenerated by the Form Editor.
*/
Generated code..

//yang terjadi ketika tombol ubah ditekan

private void bGantiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:

a++; //nilai a terus bertambah satu setiap di tekan
//if conditional, bagian ini mengatur warna lampu dan radio button

if(a%3 == 0){
pMerah.setBackground(Color.GRAY); //set warna
pHijau.setBackground(Color.GREEN);
rbStop.setSelected(false); //seleksi yang tidak aktif
rbGo.setSelected(true); //seleksi yang aktif
}

else if(a%3 == 1){
pHijau.setBackground(Color.GRAY);
pJingga.setBackground(Color.ORANGE);
rbGo.setSelected(false);
rbHati2.setSelected(true);
}

else {
pJingga.setBackground(Color.GRAY);
pMerah.setBackground(Color.RED);
rbHati2.setSelected(false);
rbStop.setSelected(true);
}

}

private void bGantiMouseEntered(java.awt.event.MouseEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
setCursor(Cursor.HAND_CURSOR); //saat kursor masuk area tombol, kursor berubah bentuk
}

private void bGantiMouseExited(java.awt.event.MouseEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
setCursor(Cursor.DEFAULT_CURSOR); //saat kursor kelua area tombol, kursor kembali seperti semula
}

/**
* @ param args the command line arguments
*/
Dst...


Pastikan bagian ini, pada gambar atas sebelah kanan, berwarna hijau yang menandakan tidak ada masalah, dan bagian tab bawah, tab run, pastikan tidak ada tulisa error dan tidak ada tulisan berwarna biru, yang berarti warning, yang terkadang membuat program kita jadi aneh, gak jalan, dst….




Lalu, run project kita, tekan gambar segitiga hijau di kanan atas (run) atau tekan F6… Jadi deh program kita…


Gimana….??? Pada program ini kita masih belum memanfaatkan fitur-fitur java. Kita hanya gunakan satu kelas, belum rumit sehingga ketidakberadaan kelas belum kita rasakan.


Tutorial membuat program java (J2ME) di HP







Tutorial j2meJ2ME sendiri adalah teknologi dari Java programming language yang di khususkan untuk perangkat mobile seperti Handphone, Pocket PC dan apa  lagi yah. Pokoknya buat perangkat kecil yang sering dibawa kemana-mana
itu lho. J2ME sebenarnya sama dengan pemrograman menggunakan java  sendiri, hanya saja dalam J2ME ada beberapa fungsionalitas yang  ditambah dan dikurangi dan di sesuaikan untuk pemrograman perangkat  mobile.
Tentunya untuk bisa membuat game di HP kita harus sudah biasa dulu menggunakan pemrograman dengan java, disini saya tidak akan  mengulas bahasa pemrograman java -mungkin lain kali dalam postingan
yang berbeda- saya mengharapkan anda sudah memiliki pengetahuan java  sebelumnya. Disini saya hanya akan memberikan pengetahuan mengenai alat yang digunakan dalam membuat program java di HP dan konsepnya.

Untuk alatnya saya menggunakan IDE(Integrated Development Environment) NetBeans versi 6 yang bisa di download gratis di sini,
pilih NetBeans yang sudah termasuk Mobility Pack. Agar kita bisa
langusng menulis kode program tanpa harus menginstal macem-macem lagi.

Setelah anda menginstall IDE NetBeans, segera jalankan NetBeans nya. Untuk membuat projek baru pilih File-New Project. Nanti akan muncul seperti gambar di bawah.

Tutorial j2me

Pilih MIDP Application dan tekan Next. Selanjutnya anda akan di bawa ke layer Name and Location seperti di bawah ini.

Tutorial j2me

Input Project Name yang sesuai dengan nama project anda dan hilangkan centang di Create Hello Midlet. Tekan Next

Tutorial j2me

Ini adalah layar untuk menentukan target perangkat yang akan anda buat aplikasinya. Pada baris Emulator Platform adalah pilihan emulator yang anda Install di computer anda, untuk saat
ini anda hanya menginstall emulator bawaan dari NetBeans anda. Setelah
anda merasa perlu menginstall emulator platform untuk spesifik dari
vendor lain seperti Nokia, Sony Ericsson dan Motorola anda dapat
mengubahnya disini.

Device adalah perangkat emulator atau HP yang nantinya akan anda jalankan di
computer anda, dalam menjalankan program yang akan anda buat. Apabila
nantinya anda menginstal emulator platform dari vendor lain anda akan
bisa menggunakan HP spesifik dari vendor tersebut.

Device Configuration dan Profile adalah spesifik kemampuan dari paket perangkat yang akan anda jadikan
target aplikasi anda, sebagai contoh saya punya HP K608 itu mempunyai
spesifikasi CLDC 1.1 dan MIDP 2.0 artinya HP saya bisa menjalankan
program dengan paket yang ada di CLDC 1.1 dan MIDP 2.0. Untuk lebih
lanjut mengenai perangkat yang anda jadikat target riset lah dahulu
dengan melihat spesifikasi HP atau perangkat target anda.

Untuk
mempermudah anda mengerti, cukup bayangkan HP lama adalah MIDP 1.0
seperti nokia 6015 dan nokia yang gede dengan slidenya yang saya lupa
apa mereknya dan HP lama lainnya. MIDP 2.0 HP baru seperti nokia N70,
N73, SE K600, SEW800 dan lain lain. Karena MIDP 2.0 lebih banyak ada
baiknya anda pilih MIDP 2.0 dan CLDC 1.1 untuk aplikasi kita kali ini.

Pilih Next dan langsung pilih Finish. Siap siap!

Sebenarnya
dalam NetBeans ini anda dapat membuat aplikasi HP dengan Visual MIDlet
yang ada dalam NetBeans ini, tetapi untuk lebih memahami secara
mendalam konsep pembuatan aplikasi dalam J2ME disini saya tidak akan
memakai Visual MIDlet.

Konsep program J2ME adalah sebagai
berikut. Dalam J2ME kita harus akan membuat main class turunan dari
class MIDlet, main class turunan dari MIDlet tersebut yag nantinya akan
dipanggil pertama kali saat applikasi kita berjalan di HP, dalam main
class tersebut juga ada 3 method yang nantinya berfungsi sebagai
trigger even dari HP kita. Seperti:

starApp(), method yang dipanggil apabila aplikasi kita pertama kali jalan.
pauseApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp mempause aplikasi kita.
destroyApp(), method yang dipanggil apabila pengguna hp menutup aplikasi kita.

Kita
mulai dengan membuat classMIDlet baru untuk project anda. Klik kanan
para project anda di project explore dan pilih new-MIDlet, namakan
class baru itu dengan nama MIDletPertama. Kode terakhir file MIDlet
anda terlihat seperti di bawah ini.

Tutorial j2me

Untuk pertama kali kita akan menampilkan “Hello J2ME World” pada layar HP. Ada dua jenis tampilan dalam MIDlet,

Low Level menggunakan class Canvas

High Level menggunakan Form

Disini kita akan menggunakan form untuk mempermudah anda mengerti pembentukan tampilan di MIDlet.

Tutorial j2me

Perhatikan
kode di atas, frPertama adalah object Form yang akan kita tampilkan di
layer, kita memberi judulForm tersebut dengan “Judul”. Lalu method
append adalah method untuk menambahkan Item pada Form, Item yang ingin
saya tambahkan adalah String “Hello J2ME World”. Statement Display
adalah statement untuk menampilkan object frPertama kedalam layer.

Pilih F11 untuk build project dan F6 untuk run project.

Pilih
midlet yang ingin dijalankan dan tekan launch di emulator, selanjutnya
emulator anda akan menampilkan Form yang anda buat, seperti di bawah.

Tutorial j2me

Selamat, program anda sudah berjalan baik di emulator, bagaimana caranya menjalankan di HP sesungguhnya?

Masuk kedalam folder project NetBeans anda, buka folder dist

Tutorial j2me

Transfer file jar program anda ke HP anda melaluli Bluetooth, infra merah atau kabel data
Tutorial j2me

Selamat mencoba. Kalau ada pertanyaan silahkan masukan pertanyaan anda di comment blog ini.

Download Source Code Mario Air [J2ME]